oleh

Meningkatkan Ekonomi Desa, ini Yang akan di Lakukan Kades Baru Desa Kemuning

Kades Desa Kemuning (tengah) Erman maulana, A. Md. Kep, saat melakukan Musrembangdes(31/01).

Gobaririnews.com,–Tingkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa (Pemdes) Kemuning, Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat akan bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Kepala Desa Kemuning, Erman maulana, A. Md. Kep, mengatakan, hal itu dimaksudkan untuk memberikan perubahan yang signifikan bagi PAD dan sekaligus meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi warga Desa Kemuning. 

“Sinergitas itu penting, ini kan sebagai bentuk pemberdayaan terhadap masyarakat. Apa Lagi , berbagai potensi  di Desa kemuning melalui BUMdes perlu dikelola dan dikembangkan dengan baik,” ucapnya Kepada Reporter media ini, Kamis,  (31/1) Seusai melakukan musrembangdes di kantornya.

BACA JUGA:  DPMdes KSB Beri Warning Desa Mantun¬†

Kata Erman maulana, salah satu programnya adalah  mengaktifkan Penggilingan padi (RMU)  yang di bangun PT. NNT  dan beberapa peninggalan perusahaan tambang emas itu.

“Saya optimis, Dengan di aktifkannya penggilingan padi akan bisa mendongkralak  perekonomian desa, Oleh karena itu, kita ikut peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk turut mengembangkan potensi ini agar dapat menambah pendapatan bagi desa,” kata Erman yang baru satu bulan di lantik menjadi kepala desa kemuning.

BACA JUGA:  SDN 03 Maluk Siap Tampil di Festival Taliwang 2016

Ia juga menyakini dengan mengaktifkan penggilingan  oleh BUMDes akan berdampak pada keuangan di Desa Kemuning dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. 

“Pemerintah desa dan warga akan melakukan musyawarah terkait itu dan terkait potensi apa yang ada di desa kemuning  agar  dipahami, disetujui dan berjalan dengan baik,” terangnya.
Erman menambahkan, selain akan mengaktifkan Penggilingan padi ia juga akan melakuka pemberdayaan perempuan  dengan melakukan pelatihan.

BACA JUGA:  Pemerintah Gelar Refresher dan Pelatihan Kader Jumantara

“Kedepan akan kita latih ibu-ibu untuk menjahit hingga bisa, Sebab alterlatif pisat konveksi  di desa kemuning sejalan dengan program pemerintah KSB dengan pencanangan seragam geratis untuk anak sekolah,”imbuhnya.(Go-Aw)

News Feed