oleh

Pukesmas Maluk Ambil Sampel Darah Pemandu Lagu

Petugas Kesehatan Pukesmas kecamatan maluk  mengambil sampel darah puluhan perempuan yang bekerja di tempat hiburan malam sebagai pemandu lagu yang ada di wilayah kerja pukesmas maluk. Rabu, (10/04).

Kepala pukesman Maluk Dokter Darmansyah , mengatakan, pengambilan sampel darah tersebut bertujuan untuk mengetahui dan mencegah penyebaran penyakit menular seksual, terutama HIV/AIDS.

“Penyebaran HIV/AIDS semakin marak saat ini. Karena itu kami melakukan tes darah terhadap para perisiko tinggi guna mendekteksi penularan penyakit tersebut,” ujar Dokter Darmansyah kepada wartawan saat mengambil sampel darah di Grond Cafe.

Menurut dia, para pemandu lagu tergolong kaum perisiko tinggi karena aktivitasnya yang berhubungan dengan pergaulan bebas dan rawan praktik prostitusi. Untuk itu, pekerjaan tersebut perlu diawasi.

Dalam tes tersebut, terdapat sekitar puluhan perempuan pemandu lagu yang diambil sampel darahnya. Mereka berasal dari 6 tempat hiburan malam yang beroperasi di wilayah Desa Pasir Putih.
“Jumlah yang mengikuti tes baru sekitar 60 persen. Sesuai data , wanita pekerja pemandu lagu setiap bulannya selalu berubah ubah sehingha kami dari pukesmas maluk melakukan giat ini rutin satu kali dalam tiga bulan di sejumlah tempat hiburan malam di wilayah kerja kami,” kata dia.
Selain diambil sampel darahnya, petugas juga melakukan pendataan dan memeriksa kesehatan para perempuan pemandu lagu tersebut secara umum.
Adapun, sampel darah tersebut selanjutkan akan diuji di laboratorium klinik untuk mengetahui apakah terjangkit HIV/AIDS atau tidak.(Go-Aw)

Komentar

News Feed