oleh

Tidak Terima Putusan Pleno Caleg Dari Partai PAN ini Pingsan

Calon Legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan (Dapil) II Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Rustam Malega pingsan dan dilarikan ke RSUD Maba.

Rustam pingsan diduga tak terima putusan Pleno yang membuka Kotak Suara TPS 2 Desa Helitetor untuk dihitung ulang, atas permintaan saksi partai politik.

Meski demikian, kotak suara tetap dibuka dan dihitung ulang. Hasilnya, suara Rustam kurang, sehingga menyebabkan Ia jatuh pingsan.

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa Rustam Malega terbukti melakukan penggelembungan suara di TPS 2 Helitetot. Salah satu rekan Rustam, Amat Tomagola mengakui jika Rustam menggelembungkan suara dengan cara membayar. Awalnya total suara Rustam di Dapil II sebanyak 609 digelembungkan menjadi 630 suara.

Amat Tomagola mengatakan, Rustam terbukti mengambil suara caleg PAN lainnya yakni suara Yulia Pihang, dan satu suara Ahmad ini dibuktikan saat kotak suara di TPS 2 Desa Helitetor di buka baru-baru ini.

“Saat ini suara Rustam turun menjadi 614,” katanya dilansir Wartalika

Dengan kasus ini, Rustam Malega tidak menerima hasil dan beraksi di depan Kantor DPRD dengan membawa senjata tajam. Namun sebelum diamankan kepolisian, Rustam terlebih dahulu pingsan dan dilarikan ke RSUD Kota Maba.

Terkait dengan kasus ini Bawaslu Kabupaten Halmahera Timur, melalui Koordinator Divisi Hukum (Kordiv) Bawaslu Kabupaten Halmahera Timur Basri Suaib saat di konfirmasi via WhatsApp mengatakan hal itu sudah di perbaiki di forum KPU dan tidak ada masalah.

“Bukan calegnya yang melakukan pelanggaran tapi PPK nya,” tutupnya.

Sumber : Dinamikajambi.com

News Feed