oleh

Danrem 162/WB Berikan Arahan Pada Apel Fasilitator di KSB

Sumbawa Barat – Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., memberikan arahan pada apel fasilitator dan aplikator wilayah Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang dihadiri Dandim 1607/Sumbawa, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Kapolres KSB, Kepada Dinas Perkim, BPBD dan pejabat terkait di lantai III Aula Sekda Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (4/7).

Apel fasilitator dan aplikator tersebut dilaksanakan terkait dengan evaluasi percepatan Rehab Rekon di wilayah Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Dalam arahannya, Danrem 162/WB memberikan apresiasi terhadap kinerja Pemkab Sumbawa dan Sumbawa Barat bersama jajaran TNI dan fasilitator maupun aplikator yang telah bekolaborasi sehingga tahapan pendataan korban terdampak dampak gempa sampai dengan pembangunan/pemulihan di Kab Sumbawa dan Sumbawa barat termasuk tercepat, grafik pembangunan proses percepatan rehab rekon dan pemulihan dampak korban gempa sejak bulan januari 2019 terus mengalami peningkatan kita berharap akan terus mengalami peningkatan namun tetap dalam koridor kententuan yang telah ditetapkan sehingga tidak menjadi permasalahan dikemudian hari, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem juga meminta kepada para fasilitator baik TNI dan masyarakat Sipil agar mendata dan terus mengawal proses pembangunan rumah tahan gempa hingga selesai dengan harapan saudara-saudara kita terdampak gempa cepat menempati rumah barunya dengan nyaman.

Terkait dengan kendala di lapangan seperti kekurangan ketersediaan bahan-bahan bangunan baik semen, besi maupun batu bata, Danrem mengingatkan kepada para stake holder untuk melakukan koordinasi melekat dengan pihak terkait sehingga tidak menggangu pelaksanaan proses rehab rekon.

mengakhiri pengarahannya, Alumni Akmil 1993 tersebut meminta kepada para fasilitator dan Pokmas agar lebih intens membantu warga khusus yang belum mendapatkan bantuan dana stimulan. “Batas akhir pencairan dana stimulan di Bank BRI pada tanggal 25 Agustus mendatang, setelah itu akan dilanjutkan dengan rehabiltasi,”pungkas Danrem.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sumbawa Barat H. Fud syaifuddin, ST., dalam sambutannya menyampaikan data rumah rusak ringan, sedang dan berat akibat gempa bumi dengan perkembangan pembangunannya.

Wakil Bupati KSB juga memberikan apresiasi kepada Dandim dan Kapolres Sumbawa Barat yang siap sedia membantu dan mengawal proses pemulihan pembangunan rumah warga pasca gempa bumi. “Alhamdulillah beberapa kendala yang dihadapi terkait penggunaan anggaran maupun yang lainnya dapat diselesaikan dengan baik,” tutup Wabup H. Fud Syaifudin.

News Feed